Kamis, 27 Juni 2013

CIPUTRA: 3 Strategi Lalui Masa Krisis 1998

Kamis, 27 Desember 2012 - 08:59:51 WIB
artikel-bisnis CIPUTRA: 3 Strategi Lalui Masa Krisis 1998
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 1233 kali

pak ci
 
Salah satu fase kelam yang menjadi pembelajaran besar bagi seorang entrepreneur ialah bagaimana ia harus menghadapi dan menjalani serta keluar dari sebuah krisis. Pengalaman saya sendiri menghadapi krisis moneter 1998 menjadi sebuah pelajaran besar bagi saya dan semua pelaku bisnis saat itu. Membawa ketiga grup bisnis kami melalui krisis ekonomi yang demikian buruk sangat menantang bagi seorang entrepreneur, apalagi jika ia berhasil membawanya menuju ke masa selanjutnya dengan selamat.
 
 
Keadaan bisnis kami saat menjelang krisis 1998 sangat suram. Utang perusahaan naik hingga 5-6 kali lipat. Mengapa? Karena kami saat itu meminjam mayoritas dalam mata uang dollar AS. Nilai perusahaan pun menyusut demikian drastis. Sales atau penjualan menurun hingga titik terendah, hingga kurang dari separuh tahun sebelumnya. Pada periode akhir 1997 sampai dengan Mei 1998, kehidupan saya juga menjadi penuh tekanan dan kecemasan. 
 
Apa yang telah saya kumpulkan dengan susah payah selama lebih dari 35 tahun seakan lenyap hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan. Pada masa itu, saya memiliki utang yang begitu besar, di luar jangkauan kemampuan finansial yang saya miliki. Saya merasa berada di titik nadhir dan melewatkan banyak malam tanpa tertidur pulas. Banyak hari yag harus saya jalani tanpa kebahagiaan. Namun, syukurlah perjumpaan pribadi dengan kasih dan kuasa Tuhan, telah membuat saya memiliki kekuatan dalam menghadapi masalah. Saya memutuskan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan memadukan Integrity dan Excellence atau dengan menjaga integritas (kejujuran), berusaha menyelesaikan permasalahan secerdik mungkin sambil memohon pertolongan Tuhan.  
 
Terdapat 3 strategi praktis yang ia lakukan. Pertama, menghadapi masa krisis ekonomi dengan berani bertanggung jawab, tidak lari dari masalah, dan juga tidak melarikan diri dari Indonesia. Memang ada rekan-rekan saya yang tidak tahan dari masalah dan memilih keluar Indonesia. Meski tekanan itu datang bertubi-tubi dan lebih mudah untuk melarikan diri, tetapi saya mencoba mendengarkan suara nurani saya bahwa saya harus tetap di Indonesia, tanah kelahiran saya, dan itulah yang saya lakukan. 
 
Kedua, saya memutuskan untuk bertindak proaktif menghubungi para kreditur dan terus merundingkan solusi inovatif agar kami bisa lolos dari ujian ini dengan relatif utuh agar bisa memulai memperbaiki kembali keadaan seiring berlalunya krisis. Saya dan tim saya menemui para kreditur dan membuka diri kami untuk dikritik dan dimarahi. 
 
Ketiga, saya harus menjual aset dan semua yang bisa dijual demi menutup utang. Dengan ketiga strategi ini, seiring dengan berbagai kebijakan pemerintah untuk menyelamatkan dunai bisnis Indonesia , sedikit demi sedikit permasalahan utang perusahaan dapat diselesaikan. Bahkan perusahaan bisa bangkit kembali mempersiapkan masa depan yang lebih baik. 
 
Saat ini Grup Ciputra, Grup Metropolitan, dan Grup Jaya adalah perusahaan-perusahaan nasional yang telah berhasil melalui keterpurukan masa krisis, dan sedang terus berkembang kembali membangun diri menjadi perusahaan yang jauh lebih unggul di masa lalu.
 
Seperti yang pernah saya katakan berulang kali, entrepreneur jatuh 10 kali, dan bangun 11 kali. Sehingga jika kita jatuh, kita jangan sampai putus asa. If it's not happy, it's not the end.

'CIPUTRA: 3 Strategi Lalui Masa Krisis 1998':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Jangan Remehkan Surat Perjanjian dalam Bisnis Dalam bisnis, memiliki surat penjanjian adalah hal yang sangat penting. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari selembar kertas surat perjanjian. Seperti kita ketahui, bisnis adalah kegiatan yang melibatkan dua atau lebih pihak. Surat perjanjian bisnis dibuat untuk mengikat hak dan ... Artikel Bisnis

  • PRODUK INOVATIF: Bungkus Bumbu Mi Instan Ini Bisa Dimakan Bukan rahasia lagi bahwa mi instan adalah salah satu jenis makanan yang paling digemari dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya, kemasan yang digunakan mi dan bumbunya biasanya terbuat dari bahan plastik minyak bumi yang tidak bisa membusuk dan hancur di lingkungan bebas ... Artikel Bisnis

  • CIPUTRA: Renungan Entrepreneur di Natal dan Akhir Tahun   Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat Natal dan menyongsong tahun baru 2013. Tahun ini menjadi tahun yang istimewa bagi saya karena di tahun ini semua rencana saya mulai terealisasi menjadi nyata, yakni membangun shopping street pertama di Indonesia. ... Artikel Bisnis

  • Pelaku UMKM Butuh Bantuan Promosi Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Medan meminta pemerintah meningkatkan bantuan promosi sehingga bisa mempercepat perkembangan bisnis mereka. Perajin "Kun Art" Aradi (36) di Medan Selasa mengatakan produk kerajinan yang dihasilkan pelaku usaha mikro, kecil dan ... Artikel Bisnis

  • Takeshi Bento, Resto Jepang yang Murah Meriah Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang sepertinya tak akan mati, dan selalu saja menyediakan banyak celah usaha baru bagi seorang calon entrepreneur. Salah satunya adalah bisnis kuliner Jepang, yang ternyata memiliki banyak penggemar. Mengandalkan menu khas negeri sakura yang ... Artikel Bisnis



Jual Beli Online

Jangan Remehkan Surat Perjanjian dalam Bisnis

Kamis, 27 Desember 2012 - 08:59:21 WIB
artikel-bisnis Jangan Remehkan Surat Perjanjian dalam Bisnis
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 809 kali

perj_bisnisDalam bisnis, memiliki surat penjanjian adalah hal yang sangat penting. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari selembar kertas surat perjanjian. Seperti kita ketahui, bisnis adalah kegiatan yang melibatkan dua atau lebih pihak. Surat perjanjian bisnis dibuat untuk mengikat hak dan kewajiban kedua pihak. Dalam proses berbisnis bisa jadi timbul masalah, sengketa, atau perselisihan. Hal-hal semacam ini biasanya muncul dari ego manusia atau kepentingan salah satu pihak.

Surat perjanjian dimaksudkan untuk memberikan kejelasan secara tertulis mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak. Masalah yang sering timbul misalnya tentang pembagian keuntungan. Jika pembagian keuntungan sudah ditentukan di awal, dan dalam proses bisnis timbul masalah, kedua pihak hanya perlu kembali menengok perjanjian yang dibuat di awal.

Ini juga berlaku untuk bisnis kecil . Bahkan jika usaha yang Anda lakukan melibatkan teman dekat atau sudara, Anda tetap wajib membuat surat perjanjian. Jangan menganggap enteng masalah ini, karena tidak sedikit bisnis keluarga yang justru hancur karena pembagian keuntungannya tidak jelas karena tidak dibuatkan perjanjian tertulis.

Jadi, mulailah membuat surat perjanjian bisnis dari sekarang. Di secarik kertas saja sudah cukup, yang penting ada detail perjanjiannya dan tanda tangan kedua belah pihak. (*/dari berbagai sumber)
Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis   

'Jangan Remehkan Surat Perjanjian dalam Bisnis':

Artikel Bisnis Lainnya
  • PRODUK INOVATIF: Bungkus Bumbu Mi Instan Ini Bisa Dimakan Bukan rahasia lagi bahwa mi instan adalah salah satu jenis makanan yang paling digemari dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya, kemasan yang digunakan mi dan bumbunya biasanya terbuat dari bahan plastik minyak bumi yang tidak bisa membusuk dan hancur di lingkungan bebas ... Artikel Bisnis

  • CIPUTRA: Renungan Entrepreneur di Natal dan Akhir Tahun   Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat Natal dan menyongsong tahun baru 2013. Tahun ini menjadi tahun yang istimewa bagi saya karena di tahun ini semua rencana saya mulai terealisasi menjadi nyata, yakni membangun shopping street pertama di Indonesia. ... Artikel Bisnis

  • Pelaku UMKM Butuh Bantuan Promosi Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Medan meminta pemerintah meningkatkan bantuan promosi sehingga bisa mempercepat perkembangan bisnis mereka. Perajin "Kun Art" Aradi (36) di Medan Selasa mengatakan produk kerajinan yang dihasilkan pelaku usaha mikro, kecil dan ... Artikel Bisnis

  • Takeshi Bento, Resto Jepang yang Murah Meriah Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang sepertinya tak akan mati, dan selalu saja menyediakan banyak celah usaha baru bagi seorang calon entrepreneur. Salah satunya adalah bisnis kuliner Jepang, yang ternyata memiliki banyak penggemar. Mengandalkan menu khas negeri sakura yang ... Artikel Bisnis

  • Indomaret, Minimarket "Mudah dan Hemat" Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan sekitar 200 meter persegi. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada ... Artikel Bisnis



Jual Beli Online

PRODUK INOVATIF: Bungkus Bumbu Mi Instan Ini Bisa Dimakan

Kamis, 27 Desember 2012 - 08:57:17 WIB
artikel-bisnis PRODUK INOVATIF: Bungkus Bumbu Mi Instan Ini Bisa Dimakan
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 1102 kali

IMG 5245
Bukan rahasia lagi bahwa mi instan adalah salah satu jenis makanan yang paling digemari dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya, kemasan yang digunakan mi dan bumbunya biasanya terbuat dari bahan plastik minyak bumi yang tidak bisa membusuk dan hancur di lingkungan bebas tanpa melalui proses daur ulang terlebih dahulu. Akibatnya sudah bisa ditebak. Kemasan plastik yang hanya sekali pakai ini menggunung dan menumpuk menjadi sampah yang mencemari lingkungan kita, baik itu tanah, sungai, laut, dan sebagainya.


Menyadari bahaya yang mengintai jika kita terus menerus menggunakan kemasan plastik, 3 ilmuwan dari Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Jakarta menggagas satu jenis kemasan yang tidak hanya bisa terurai oleh lingkungan tetapi juga bisa dimakan dengan aman.


Bahan pembuatan kemasan ini bukan bahan beracun seperti plastik. Kemasan ini justru terbuat dari ekstrak rumput laut berupa karagenan dan tapioka. Dengan pengolahan sedemikian rupa, dihasilkan lapisan tipis (film) yang transparan sehingga meski secara sekilas mirip dengan plastik, ia bisa dikonsumsi manusia. Dengan demikian, konsumen tidak perlu khawatir jika menelan secara tidak sengaja bungkus bumbu tersebut karena aman dimakan. Bahkan jika mau, kemasan tersebut bisa dimasukkan begitu saja ke dalam mi instan tanpa harus repot menggunting dan membuang ke tempat sampah.


Meski penggunaannya yang paling luas adalah sebagai bungkus bumbu tetapi bahan ini juga bisa digunakan untuk membungkus obat-obatan. Kepraktisan kemasan ini juga makin didukung oleh sifatnya yang tidak mengubah cita rasa makanan atau khasiat obat yang dibungkusnya.



Muhammad Darmawan, Hari Eko Irianto, dan Endang Mindarwati adalah 3 peneliti dari Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan di Jl. KS Tubun Petamburan VI Jakarta Pusat yang bekerja menghasilkan inovasi di bidang pangan ini. (*AP)
 

'PRODUK INOVATIF: Bungkus Bumbu Mi Instan Ini Bisa Dimakan':

Artikel Bisnis Lainnya
  • CIPUTRA: Renungan Entrepreneur di Natal dan Akhir Tahun   Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat Natal dan menyongsong tahun baru 2013. Tahun ini menjadi tahun yang istimewa bagi saya karena di tahun ini semua rencana saya mulai terealisasi menjadi nyata, yakni membangun shopping street pertama di Indonesia. ... Artikel Bisnis

  • Pelaku UMKM Butuh Bantuan Promosi Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Medan meminta pemerintah meningkatkan bantuan promosi sehingga bisa mempercepat perkembangan bisnis mereka. Perajin "Kun Art" Aradi (36) di Medan Selasa mengatakan produk kerajinan yang dihasilkan pelaku usaha mikro, kecil dan ... Artikel Bisnis

  • Takeshi Bento, Resto Jepang yang Murah Meriah Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang sepertinya tak akan mati, dan selalu saja menyediakan banyak celah usaha baru bagi seorang calon entrepreneur. Salah satunya adalah bisnis kuliner Jepang, yang ternyata memiliki banyak penggemar. Mengandalkan menu khas negeri sakura yang ... Artikel Bisnis

  • Indomaret, Minimarket "Mudah dan Hemat" Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan sekitar 200 meter persegi. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada ... Artikel Bisnis

  • Polygon, Merek Sepeda Lokal Ternama Bagi Anda pengemar olahraga sepeda, tentunya tak asing dengan nama Polygon. Ya, Polygon merupakan merek sepeda yang terkenal. Namun, ternyata Polygon asli buatan Indonesia. Sepeda buatan PT Insera Sena ini sudah diproduksi lebih dari 20 tahun dan diekspor setidaknya ke 30 negara ... Artikel Bisnis



Jual Beli Online

CIPUTRA: Renungan Entrepreneur di Natal dan Akhir Tahun

Kamis, 27 Desember 2012 - 08:54:15 WIB
artikel-bisnis CIPUTRA: Renungan Entrepreneur di Natal dan Akhir Tahun
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 838 kali

ir cip
 
Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat Natal dan menyongsong tahun baru 2013. Tahun ini menjadi tahun yang istimewa bagi saya karena di tahun ini semua rencana saya mulai terealisasi menjadi nyata, yakni membangun shopping street pertama di Indonesia. Saya juga menyatakan puji syukur masih dianugerahi kesehatan dan semua kenikmatan yang berkelimpahan dari Tuhan yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. 
 
Di usia saya yang ke 81 tahun ini, saya makin menyadari betapa pentingnya kepatuhan pada Tuhan, karena cinta dan kasihnya. Bukan sebuah kepatuhan yang dilandasi oleh ketakutan tetapi lebih karena saya merasa sangat amat bersyukur dengan apa yang sudah saya raih hingga sekarang. Tidak semua orang beruntung untuk diberikan kehidupan yang kaya dalam berbagai aspek, terlepas dari kekurangan dan kelebihan yang ada. 
 
Di hari yang suci ini, saya terus berdoa agar kita semua diberkati dengan semua kerja dan upaya kita membangun bangsa dan negara melalui entrepreneurship. Saya amat bersyukur sekali lagi bahwa di usia yang tidak lagi muda ini, saya masih dapat terus menyaksikan kebesaran Tuhan dan memberikan sumbangsih bagi masyarakat luas. Itulah yang saya alami. Dengan usia 81 tahun, jika diibaratkan seperti mobil, pastinya saya sudah menjadi sebuah mobil antik. Saya tidak bisa melawan kekuatan alam dan waktu yang membuat saya terus menua, tetapi sebuah mobil tua pun masih akan bisa berjalan jika dipelihara dengan sebaik mungkin. Dan saya yakin seyakin-yakinnya bahwa tubuh yang makin renta ini tetap dipelihara oleh Tuhan dan jiwa saya akan tetap muda selama saya mau menggunakan apa yang saya miliki untuk kebaikan. Pikiran dan jiwa saya masih segar dan bersemangat dengan terus berdiskusi tentang apa saja.
 
Untuk mengisi dan meremajakan semangat hidup dalam jiwa ini, saya juga mendekatkan diri dengan Tuhan dengan membaca firman-Nya setiap pagi, sebelum memulai aktivitas apapun dan di malam hari di tempat tidur, saya membacanya kembali. Karena dari sinilah, mukjizat dan nikmat yang manusia termasuk saya bisa peroleh dalam tiap hari yang dianugerahkan.  
 
Dan masih dalam semangat Natal yang berkaitan dengan kelahiran Juru Selamat, saya mengharapkan bahwa bangsa yang kita cintai ini juga terus melahirkan entrepreneur-entrepreneur baru yang nantinya memiliki kemampuan untuk menyelamatkan diri dan bangsanya dari keterpurukan karena sekian lama terjajah dan menjadi bangsa kuli yang diperbudak bangsa lain.
 
Sekali lagi, selamat Natal bagi Anda yang merayakan. Semoga di tahun-tahun mendatang, cita-cita kita untuk membangkitkan jiwa entrepreneurship bangsa ini tercapai. Mari jadikan momen Natal dan pergantian tahun sebagai waktu yang tepat untuk merancang rencana meraih masa depan yang lebih cerah. Salam 3 E untuk semua entrepreneur Indonesia!

'CIPUTRA: Renungan Entrepreneur di Natal dan Akhir Tahun':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Pelaku UMKM Butuh Bantuan Promosi Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Medan meminta pemerintah meningkatkan bantuan promosi sehingga bisa mempercepat perkembangan bisnis mereka. Perajin "Kun Art" Aradi (36) di Medan Selasa mengatakan produk kerajinan yang dihasilkan pelaku usaha mikro, kecil dan ... Artikel Bisnis

  • Takeshi Bento, Resto Jepang yang Murah Meriah Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang sepertinya tak akan mati, dan selalu saja menyediakan banyak celah usaha baru bagi seorang calon entrepreneur. Salah satunya adalah bisnis kuliner Jepang, yang ternyata memiliki banyak penggemar. Mengandalkan menu khas negeri sakura yang ... Artikel Bisnis

  • Indomaret, Minimarket "Mudah dan Hemat" Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan sekitar 200 meter persegi. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada ... Artikel Bisnis

  • Polygon, Merek Sepeda Lokal Ternama Bagi Anda pengemar olahraga sepeda, tentunya tak asing dengan nama Polygon. Ya, Polygon merupakan merek sepeda yang terkenal. Namun, ternyata Polygon asli buatan Indonesia. Sepeda buatan PT Insera Sena ini sudah diproduksi lebih dari 20 tahun dan diekspor setidaknya ke 30 negara ... Artikel Bisnis

  • Bango, Merek Kecap yang Melegenda Masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan kecap. Salah satu merek kecap ternama ialah Bango. Maklum, Bango sudah diproduksi sejak tahun 1928 dengan mengutamakan tradisi, kesepenuhan hati, serta kualitas yang tinggi untuk menghasilkan kecap. Kecap Bango terbuat dari 4 bahan pilihan ... Artikel Bisnis



Jual Beli Online

Pelaku UMKM Butuh Bantuan Promosi

Kamis, 27 Desember 2012 - 08:53:23 WIB
artikel-bisnis Pelaku UMKM Butuh Bantuan Promosi
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 618 kali

Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Medan meminta pemerintah meningkatkan bantuan promosi sehingga bisa mempercepat perkembangan bisnis mereka.

Perajin "Kun Art" Aradi (36) di Medan Selasa mengatakan produk kerajinan yang dihasilkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Medan masih belum cukup dikenal karena keterbatasan promosi akibat dana pengusaha terbatas.

Karena itu UMKM berharap pemerintah meningkatkan bantuan untuk berpromosi, baik di lokal, nasional maupun ke luar negeri.

"Sarana promosi ini sangat menentukan pengembangan usaha, kami bisa lebih mengenalkan produk-produk kepada konsumen dan pasar baik lokal maupun internasional. Promosi dan inovasi produk sangat penting agar kita tidak kalah bersaing dengan produk baru yang terus bermunculan," katanya.

"Kun Art" menghasilkan berbagai produk dengan bahan baku sebagian besar berupa limbah seperti pecahan kaca, kulit telur, batu, dan ranting.

Produk usaha itu yang berupa pigura, aksesori, penyekat ruangan, dan cermin besar, masih terbatas dipasarkan di Medan dan sekitarnya "Kalau promosi lebih gencar tentunya produk kami bisa lebih luas dipasarkan termasuk untuk ekspor," katanya.

Menurut dia, selama ini memang sudah ada usaha yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mempromosikan hasil usaha mereka melalui pameran produk UMKM, namun hal itu dinilai belum maksimal, karena masih hanya terbatas ketika digelarnya suatu acara.

Untuk itu ia mengharapkan pemerintah terutama pemerintah daerah lebih gencar menyelenggarakan berbagai kegiatan promosi produk lokal atau mengikutsertakan pelaku usaha kecil dan menengah dalam berbagai kegiatan baik nasional maupun internasional.

"Selama ini memang sudah ada upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk mengenalkan produk kami kepada masyarakat. Namun itu belum maksimal, kalau bisa promosi juga dilakukan melalui situs resmi milik pemerintah daerah. Jujur saja, saat ini bisnis 'online' memang cukup menjanjikan," katanya.

Sementara pelaku UMKM lainnya, Muhdi mengatakan sebenarnya perhatian pemerintah terhadap kemajuan UMKM sudah banyak, namun dinilai belum maksimal.

"Kami berharap perhatian bisa lebih ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing UMKM," kata perajin keripik singkong ini. (ant/as)
Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis   


'Pelaku UMKM Butuh Bantuan Promosi':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Takeshi Bento, Resto Jepang yang Murah Meriah Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang sepertinya tak akan mati, dan selalu saja menyediakan banyak celah usaha baru bagi seorang calon entrepreneur. Salah satunya adalah bisnis kuliner Jepang, yang ternyata memiliki banyak penggemar. Mengandalkan menu khas negeri sakura yang ... Artikel Bisnis

  • Indomaret, Minimarket "Mudah dan Hemat" Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan sekitar 200 meter persegi. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada ... Artikel Bisnis

  • Polygon, Merek Sepeda Lokal Ternama Bagi Anda pengemar olahraga sepeda, tentunya tak asing dengan nama Polygon. Ya, Polygon merupakan merek sepeda yang terkenal. Namun, ternyata Polygon asli buatan Indonesia. Sepeda buatan PT Insera Sena ini sudah diproduksi lebih dari 20 tahun dan diekspor setidaknya ke 30 negara ... Artikel Bisnis

  • Bango, Merek Kecap yang Melegenda Masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan kecap. Salah satu merek kecap ternama ialah Bango. Maklum, Bango sudah diproduksi sejak tahun 1928 dengan mengutamakan tradisi, kesepenuhan hati, serta kualitas yang tinggi untuk menghasilkan kecap. Kecap Bango terbuat dari 4 bahan pilihan ... Artikel Bisnis

  • Teh Botol, Pioner Teh Siap Saji Teh Botol merupakan merek teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT Sinar Sosro. Teh Botol sangat populer di Indonesia dan kini juga dijual di berbagai negara lain di luar Indonesia. Menurut hasil penelitian Majalah SWA, Teh Botol bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia dibandingkan ... Artikel Bisnis



Jual Beli Online

Takeshi Bento, Resto Jepang yang Murah Meriah

Sabtu, 22 Desember 2012 - 23:12:29 WIB
artikel-bisnis Takeshi Bento, Resto Jepang yang Murah Meriah
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 1089 kali

Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang sepertinya tak akan mati, dan selalu saja menyediakan banyak celah usaha baru bagi seorang calon entrepreneur. Salah satunya adalah bisnis kuliner Jepang, yang ternyata memiliki banyak penggemar. Mengandalkan menu khas negeri sakura yang berpadu dengan rempah-rempah khas nusantara, menu masakan Jepang tampaknya mampu menawarkan sensasi kuliner yang dapat diterima oleh lidah orang Indonesia pada umumnya. Jadi, tak heran jika banyak restoran-restoran ala Jepang yang tumbuh subur di Indonesia.

takhesi_0911Beragamnya menu masakan dan restoran ala Jepang di Indonesia, membuat para pengusaha kuliner Jepang kini berlomba-lomba menawarkan inovasi baru bagi para pelanggannya. Salah satunya adalah PT Trivatindo Pratama dengan Takeshi Bento, yang menawarkan menu masakan khas Jepang dengan mengedepankan sisi ekonomis, alias murah meriah.

“Melihat potensi pasar yang menjanjikan, kami menawarkan produk makanan Jepang dengan value of money, agar semua orang bisa merasakan dan menikmati nikmatnya kuliner khas Jepang,” demikian ungkap Tommy, marketing PT Trivatindo Pratama, saat ditemui Ciputraentrepreneurship.com di salah satu gerainya di Jakarta.

Sejak dimulai bulan Oktober 2004, brand Takeshi Bento serius menggarap konsumen pasar menengah ke bawah, sebagai target yang sangat potensial. Hal itu dipilih managemen Takeshi Bento karena melihat besarnya pola konsumtif masyarakat kelas menengah ke bawah, yang merupakan pasar mayoritas di Indonesia.

Meskipun menawarkan prodak dengan harga yang murah, bukan berarti Takeshi Bento memberikan kualitas kuliner yang murahan. Justru, kualitas prodak menjadi andalan Takeshi Bento dalam bersaing dengan produk-produk sejenis.

“Selain terjangkau, kualitas produk seperti dengan teknik memasak cepat dan higienis, juga selalu kami jaga, Oleh karena itu kami akan mempertahankan system made by order dan mempertahankan ramuan rempah-rempah Indonesia,” ucap Tommy saat menjelaskan produknya.

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Takeshi Bento memilih jalan waralaba atau franchise. Dengan demikian, Takeshi Bento mencoba untuk menguatkan citranya sebagai makanan Jepang yang murah, dan bisa dijangkau siapa dan di mana saja. Selain itu, Takeshi Bento juga sering ikut serta untuk mensponsori dan mengikuti kegiatan serta pameran kuliner khas Jepang, dengan harapan meningkatkan brand awardness, kepada masyarakat.

Konsep kemitraan yang ditawarkan oleh brand Takeshi Bento tetap mengedepankan konsep yang terjangkau secara biaya. Dengan harga yang terjangkau, dan konsep tanpa bagi hasil, mitra dari Takeshi Bento diharap dapat makin melebarkan sayap bisnisnya di seluruh wilayah Indonesia.

“Dengan modal Rp 4 juta, mitra sudah bisa mulai jalan dengan konsep minimalis kami, yaitu dengan menggunakan rumah sebagai tempat berjualan. Selain itu kami juga menyediakan paket untuk booth, foodcourt, dan restoran. Saat ini saja sudah ada lebih dari 110 mitra kami di seluruh Indonesia,” jelas Tommy.

Dengan sistem usaha yang dibangunnya, calon mitra Takeshi Bento juga dimungkinkan untuk dengan mudah menduplikasi sistem penjualan tanpa perlu repot membangunnya dari awal. Hal ini akan mempermudah calon mitra untuk dapat dengan mudah mengembangkan usahanya tanpa perlu memiliki pengalaman tertentu.

Selain itu, sistem menu dan stok bahan baku yang sudah terstandarkan, membuat calon mitra untuk tidak tergantung pada satu koki saja dan memungkinkan setiap orang dapat memasak dengan rasa dan kualitas makanan yang sama enaknya. Jadi, siapa bilang membuka bisnis kuliner khas Jepang itu sulit? (*/Gentur)
Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis  

'Takeshi Bento, Resto Jepang yang Murah Meriah ':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Indomaret, Minimarket "Mudah dan Hemat" Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan sekitar 200 meter persegi. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada ... Artikel Bisnis

  • Polygon, Merek Sepeda Lokal Ternama Bagi Anda pengemar olahraga sepeda, tentunya tak asing dengan nama Polygon. Ya, Polygon merupakan merek sepeda yang terkenal. Namun, ternyata Polygon asli buatan Indonesia. Sepeda buatan PT Insera Sena ini sudah diproduksi lebih dari 20 tahun dan diekspor setidaknya ke 30 negara ... Artikel Bisnis

  • Bango, Merek Kecap yang Melegenda Masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan kecap. Salah satu merek kecap ternama ialah Bango. Maklum, Bango sudah diproduksi sejak tahun 1928 dengan mengutamakan tradisi, kesepenuhan hati, serta kualitas yang tinggi untuk menghasilkan kecap. Kecap Bango terbuat dari 4 bahan pilihan ... Artikel Bisnis

  • Teh Botol, Pioner Teh Siap Saji Teh Botol merupakan merek teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT Sinar Sosro. Teh Botol sangat populer di Indonesia dan kini juga dijual di berbagai negara lain di luar Indonesia. Menurut hasil penelitian Majalah SWA, Teh Botol bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia dibandingkan ... Artikel Bisnis

  • Bakmi GM, dari 5 Meja Jadi 23 Cabang Se-Jabodetabek Siapa yang tak kenal Bakmi Gajah Mada alias Bakmi GM? Terkenal dengan kelezatan, kecepatan layanan, dan keapikan tempatnya. Restoran yang mengandalkan mie ayam spesial pangsit goreng ini memang selalu ramai pengunjung. Di sejumlah mall elit, pengunjung rela antre demi bisa menikmati ... Artikel Bisnis



Jual Beli Online

Indomaret, Minimarket "Mudah dan Hemat"

Sabtu, 22 Desember 2012 - 23:12:00 WIB
artikel-bisnis Indomaret, Minimarket "Mudah dan Hemat"
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 902 kali

Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan sekitar 200 meter persegi. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988.

indomaret0911Tahun 1997 Indomaret mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri.

Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.

Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non-makanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.

Pada awal tahun 2011, Indomaret merubah logo baru, yaitu logo Indomaret di dalam kotak berwarna merah, biru dan kuning dari atasnya.

Saat ini Indomaret berkembang sangat pesat dengan jumlah gerai mencapai lebih dari 5.000 di wilayah Jawa, Madura, Bali dan Sumatra. Jumlah gerai tersebut terdiri dari 40% gerai milik terwaralaba dan 60% gerai milik PT Indomarco Prismatama. Sebagian besar pasokan barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 15 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 4.800 jenis produk. (*/dari berbagai sumber)
Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis  

'Indomaret, Minimarket "Mudah dan Hemat"':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Polygon, Merek Sepeda Lokal Ternama Bagi Anda pengemar olahraga sepeda, tentunya tak asing dengan nama Polygon. Ya, Polygon merupakan merek sepeda yang terkenal. Namun, ternyata Polygon asli buatan Indonesia. Sepeda buatan PT Insera Sena ini sudah diproduksi lebih dari 20 tahun dan diekspor setidaknya ke 30 negara ... Artikel Bisnis

  • Bango, Merek Kecap yang Melegenda Masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan kecap. Salah satu merek kecap ternama ialah Bango. Maklum, Bango sudah diproduksi sejak tahun 1928 dengan mengutamakan tradisi, kesepenuhan hati, serta kualitas yang tinggi untuk menghasilkan kecap. Kecap Bango terbuat dari 4 bahan pilihan ... Artikel Bisnis

  • Teh Botol, Pioner Teh Siap Saji Teh Botol merupakan merek teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT Sinar Sosro. Teh Botol sangat populer di Indonesia dan kini juga dijual di berbagai negara lain di luar Indonesia. Menurut hasil penelitian Majalah SWA, Teh Botol bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia dibandingkan ... Artikel Bisnis

  • Bakmi GM, dari 5 Meja Jadi 23 Cabang Se-Jabodetabek Siapa yang tak kenal Bakmi Gajah Mada alias Bakmi GM? Terkenal dengan kelezatan, kecepatan layanan, dan keapikan tempatnya. Restoran yang mengandalkan mie ayam spesial pangsit goreng ini memang selalu ramai pengunjung. Di sejumlah mall elit, pengunjung rela antre demi bisa menikmati ... Artikel Bisnis

  • Menjual dengan Menghargai Konsumen Joe Girald dikenal sebagai seorang pemasar yang populer di dunia. Keberhasilannya memasarkan mobil sebanyak 1.425 unit mobil dalam satu tahun menempatkan namanya dalam penghargaan Guiness World of the Record. Dalam bukunya yang berjudul "The Greatest Salesman In The ... Artikel Bisnis



Jual Beli Online

Polygon, Merek Sepeda Lokal Ternama

Sabtu, 22 Desember 2012 - 23:11:37 WIB
artikel-bisnis Polygon, Merek Sepeda Lokal Ternama
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 981 kali

polygon
Bagi Anda pengemar olahraga sepeda, tentunya tak asing dengan nama Polygon. Ya, Polygon merupakan merek sepeda yang terkenal. Namun, ternyata Polygon asli buatan Indonesia.

Sepeda buatan PT Insera Sena ini sudah diproduksi lebih dari 20 tahun dan diekspor setidaknya ke 30 negara di dunia. Sepeda lokal ini asli buatan Wadungasih, Bunduran, Sidoarjo Jawa Timur yang sudah tersebar di beberapa benua. Untuk Benua Asia, sepeda tersebut telah diekspor ke Jepang, Korea, Singapura dan Malaysia. Untuk Eropa, sepeda Polygon telah dipakai penduduk Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Australia, Swiss, Yunani, Denmark, Swedia, Finlandia, Norwegia, Rusia sampai Polandia. Selanjutnya di Benua Amerika antara lain AS, Kanada, Costa Rica dan Argentina. Sedangkan di Afrika, sepeda Polygon dikirim ke Mauritius dan Afrika Selatan. Sepeda kelahiran Sidoarjo juga dipasarkan di Australia, Selandia Baru dan Kepulauan Fiji.

Produksi sepeda pertahun mampu mencapai 550.000 sepeda. Diekspor sebanyak 70% dan sisanya untuk pasar lokal. Sepeda yang diproduksi pun mempunyai bermacam-macam model. Komponen yang dipakai untuk merakit sepeda tersebut 50-60% adalah bahan lokal, khususnya untuk bagian rangka. (*/dari berbagai sumber)
Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis  

'Polygon, Merek Sepeda Lokal Ternama ':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Bango, Merek Kecap yang Melegenda Masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan kecap. Salah satu merek kecap ternama ialah Bango. Maklum, Bango sudah diproduksi sejak tahun 1928 dengan mengutamakan tradisi, kesepenuhan hati, serta kualitas yang tinggi untuk menghasilkan kecap. Kecap Bango terbuat dari 4 bahan pilihan ... Artikel Bisnis

  • Teh Botol, Pioner Teh Siap Saji Teh Botol merupakan merek teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT Sinar Sosro. Teh Botol sangat populer di Indonesia dan kini juga dijual di berbagai negara lain di luar Indonesia. Menurut hasil penelitian Majalah SWA, Teh Botol bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia dibandingkan ... Artikel Bisnis

  • Bakmi GM, dari 5 Meja Jadi 23 Cabang Se-Jabodetabek Siapa yang tak kenal Bakmi Gajah Mada alias Bakmi GM? Terkenal dengan kelezatan, kecepatan layanan, dan keapikan tempatnya. Restoran yang mengandalkan mie ayam spesial pangsit goreng ini memang selalu ramai pengunjung. Di sejumlah mall elit, pengunjung rela antre demi bisa menikmati ... Artikel Bisnis

  • Menjual dengan Menghargai Konsumen Joe Girald dikenal sebagai seorang pemasar yang populer di dunia. Keberhasilannya memasarkan mobil sebanyak 1.425 unit mobil dalam satu tahun menempatkan namanya dalam penghargaan Guiness World of the Record. Dalam bukunya yang berjudul "The Greatest Salesman In The ... Artikel Bisnis

  • Langkah-langkah Menjaga Pelanggan Anda Tidak peduli apa lini bisnis yang Anda jalankan, pelanggan membutuhkan penghargaan Anda atas dukungan mereka dalam menunjang pertumbuhan bisnis Anda. Secara sederhana, ucapan terima kasih adalah cara murah untuk menyatakan hal tersebut. Berterima kasih kepada pelanggan tidak hanya sebelum ... Artikel Bisnis



Jual Beli Online

Bango, Merek Kecap yang Melegenda

Sabtu, 22 Desember 2012 - 23:11:15 WIB
artikel-bisnis Bango, Merek Kecap yang Melegenda
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 683 kali

kecapbangoMasyarakat Indonesia tentu tak asing dengan kecap. Salah satu merek kecap ternama ialah Bango. Maklum, Bango sudah diproduksi sejak tahun 1928 dengan mengutamakan tradisi, kesepenuhan hati, serta kualitas yang tinggi untuk menghasilkan kecap.

Kecap Bango terbuat dari 4 bahan pilihan yang bermutu tinggi: kacang kedele hitam, gula kelapa, garam dan air. Kacang kedele hitam difermentasi selama beberapa bulan agar dapat dicampur dengan baik dalam suatu proses khusus dengan bahan-bahan lain untuk memberikan rasa khusus yang membuat kecap Bango berbeda dari produk lain yang menggunakan kacang kedele kuning.

Pada tahun 2001 Unilever mengakuisisi merek dan usaha ini, dan sejak itu pertumbuhannya demikian menjanjikan. Selama bertahun-tahun, ukuran usaha tersebut telah menjadi 2 kali lebih besar yang juga tercermin oleh peningkatan pangsa pasar yang tumbuh rata-rata 3% selama dua tahun terakhir. Pada tahun 2012 Bango pertama kali meluncurkan varian baru kecap manis pedas gurih, yang terbuat dari kombinasi sempurna cabai rawit merah dan hijau serta bawang dan kedelai hitam pilihan. Menghasilkan rasa pedas manis yang pas untuk masakan anda sekeluarga dan juga cocok untuk cocolanDewasa ini produk tersebut tersebar di seluruh negeri bahkan dapat ditemui di luar negeri, khususnya di daerah-daerah tempat masyarakat Indonesia tinggal. (*/AS)
Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis  

'Bango, Merek Kecap yang Melegenda':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Teh Botol, Pioner Teh Siap Saji Teh Botol merupakan merek teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT Sinar Sosro. Teh Botol sangat populer di Indonesia dan kini juga dijual di berbagai negara lain di luar Indonesia. Menurut hasil penelitian Majalah SWA, Teh Botol bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia dibandingkan ... Artikel Bisnis

  • Bakmi GM, dari 5 Meja Jadi 23 Cabang Se-Jabodetabek Siapa yang tak kenal Bakmi Gajah Mada alias Bakmi GM? Terkenal dengan kelezatan, kecepatan layanan, dan keapikan tempatnya. Restoran yang mengandalkan mie ayam spesial pangsit goreng ini memang selalu ramai pengunjung. Di sejumlah mall elit, pengunjung rela antre demi bisa menikmati ... Artikel Bisnis

  • Menjual dengan Menghargai Konsumen Joe Girald dikenal sebagai seorang pemasar yang populer di dunia. Keberhasilannya memasarkan mobil sebanyak 1.425 unit mobil dalam satu tahun menempatkan namanya dalam penghargaan Guiness World of the Record. Dalam bukunya yang berjudul "The Greatest Salesman In The ... Artikel Bisnis

  • Langkah-langkah Menjaga Pelanggan Anda Tidak peduli apa lini bisnis yang Anda jalankan, pelanggan membutuhkan penghargaan Anda atas dukungan mereka dalam menunjang pertumbuhan bisnis Anda. Secara sederhana, ucapan terima kasih adalah cara murah untuk menyatakan hal tersebut. Berterima kasih kepada pelanggan tidak hanya sebelum ... Artikel Bisnis

  • 3 Aspek Kajian dalam Rencana Bisnis Menemukan ide bisnis tanpa mewujudkannya dalam tindakan nyata rasanya sia-sia. Para entrepreneur sukses, seringkali tidak pernah memikirkan tahapan-tahapan dalam merealisasikan ide. Bahkan banyak pula anggapan bahwa kalau mau berbisnis tidak usah membuat rencana macam-macam, nanti malah ... Artikel Bisnis



Jual Beli Online

Teh Botol, Pioner Teh Siap Saji

Sabtu, 22 Desember 2012 - 23:10:48 WIB
artikel-bisnis Teh Botol, Pioner Teh Siap Saji
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 618 kali

tehbotolTeh Botol merupakan merek teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT Sinar Sosro. Teh Botol sangat populer di Indonesia dan kini juga dijual di berbagai negara lain di luar Indonesia. Menurut hasil penelitian Majalah SWA, Teh Botol bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia dibandingkan dengan Coca-Cola.

Teh Botol pertama kali dijual pada tahun 1940 dalam bentuk kemasan teh kering siap saji. Pada tahun 1969 teh ini mulai dijual dalam kemasan botol dan merupakan produk teh pertama yang dijual dalam botol di Indonesia dan di dunia. Bentuk botol yang dikenal saat ini mulai digunakan pada tahun 1974. Sejak tahun 1990-an Teh Botol juga dikemas dalam kotak berisi 200 ml dan 250 ml.

Teh Botol yang awalnya bernama Teh Cap Botol, dijual pertama kali tahun 1940 dalam bentuk kemasan teh kering siap saji. Teh berjenis jasmine tea (campuran teh hijau dan bunga melati) sebenarnya terasa enak dan segar, hanya saja cara-cara meracik minuman yang buruk kerap kali menenggelamkan cita rasanya. Untuk mengatasi masalah ini, keluarga Sosrodjojo merancang kampanye mengenai takaran meracik teh yang pas, namun kampanye ini gagal disebabkan masyarakat ketika itu menganggap meracik teh dengan baik bukanlah sebuah hal yang penting. Akhirnya timbul ide untuk menjual teh ini dalam kemasan botol yang siap diminum.

Satu versi cerita menyebutkan bahwa gagasan pembotolan itu diilhami oleh kebiasaan anak sekolah di Slawi yang kerap membawa minuman teh dalam botol. Namun menurut versi yang lebih resmi, seperti yang tertera dalam website Sosro, ide pembotolan muncul akibat kegagalan dalam mempromosikan teh botol di Jakarta pada tahun 1953. (*/Wikipedia)
Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis  

'Teh Botol, Pioner Teh Siap Saji ':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Bakmi GM, dari 5 Meja Jadi 23 Cabang Se-Jabodetabek Siapa yang tak kenal Bakmi Gajah Mada alias Bakmi GM? Terkenal dengan kelezatan, kecepatan layanan, dan keapikan tempatnya. Restoran yang mengandalkan mie ayam spesial pangsit goreng ini memang selalu ramai pengunjung. Di sejumlah mall elit, pengunjung rela antre demi bisa menikmati ... Artikel Bisnis

  • Menjual dengan Menghargai Konsumen Joe Girald dikenal sebagai seorang pemasar yang populer di dunia. Keberhasilannya memasarkan mobil sebanyak 1.425 unit mobil dalam satu tahun menempatkan namanya dalam penghargaan Guiness World of the Record. Dalam bukunya yang berjudul "The Greatest Salesman In The ... Artikel Bisnis

  • Langkah-langkah Menjaga Pelanggan Anda Tidak peduli apa lini bisnis yang Anda jalankan, pelanggan membutuhkan penghargaan Anda atas dukungan mereka dalam menunjang pertumbuhan bisnis Anda. Secara sederhana, ucapan terima kasih adalah cara murah untuk menyatakan hal tersebut. Berterima kasih kepada pelanggan tidak hanya sebelum ... Artikel Bisnis

  • 3 Aspek Kajian dalam Rencana Bisnis Menemukan ide bisnis tanpa mewujudkannya dalam tindakan nyata rasanya sia-sia. Para entrepreneur sukses, seringkali tidak pernah memikirkan tahapan-tahapan dalam merealisasikan ide. Bahkan banyak pula anggapan bahwa kalau mau berbisnis tidak usah membuat rencana macam-macam, nanti malah ... Artikel Bisnis

  • Agar Produk Anda Menembus Pasar Ekspor Meraup pasar ekspor sudah pasti menjadi impian setiap pebisnis. Berbagai cara promosi, mulai dari mengikuti pameran, hingga menitipkan barang kepada handai taulan yang bermukim di luar negeri dilakukan untuk mengeruk pasar internasional. Bagi Anda yang berencana merentangkan sayap ke ... Artikel Bisnis



Jual Beli Online

Rabu, 26 Juni 2013

Bakmi GM, dari 5 Meja Jadi 23 Cabang Se-Jabodetabek

Sabtu, 22 Desember 2012 - 23:10:21 WIB
artikel-bisnis Bakmi GM, dari 5 Meja Jadi 23 Cabang Se-Jabodetabek
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 983 kali

bakmigm08Siapa yang tak kenal Bakmi Gajah Mada alias Bakmi GM? Terkenal dengan kelezatan, kecepatan layanan, dan keapikan tempatnya. Restoran yang mengandalkan mie ayam spesial pangsit goreng ini memang selalu ramai pengunjung. Di sejumlah mall elit, pengunjung rela antre demi bisa menikmati hidangannya.

Wow, sungguh suatu bisnis rumah makan yang sukses, bukan? Tak heran, kini Bakmi GM ada di 17 titik lokasi di Jakarta, 4 di Tangerang, 1 di Bekasi, dan baru saja buka 1 lagi di Depok.

Kesuksesan itu bukan lahir dalam sekejap, melainkan hasil dari perjuangan panjang dan kerja keras luar biasa dari keluarga Choi Siu di Jalan Gajah Mada-dulu dikenal sebagai Moolenvliet, Jakarta Pusat.  Membuka rumah makan bukanlah cita-cita Chou Sui, sebab awalnya ia berjualan mebel. Apa daya pada akhir 1950-an situasi politik dan ekonomi sangat sulit, hingga bisnis mebelnya bangkrut.  Choi Sui (1911-1990) punya 11 anak yang harus dihidupi, sehingga ia terpaksa berjualan mie.

“Kami cuma menggunakan lima meja. Itu pun ala kadarnya yang kami ambil dari meja yang dipakai di rumah,” kenang Julia Widjaja anak dari Choi Siu, yang kini menjadi Komisaris PT Griya Miesejati (PT GM) yang membawahi usaha Bakmi GM.

Anak-anak Choi Sui membantu berjualan mie, tiap hari bangun jam 4 pagi untuk berbelanja, memasak, dan sebagainya. Choi Sui sendiri sebagai ayah menggenjot bambu menggiling terigu untuk bahan dasar mie. Mereka tidak punya mesin pembuat mie.  Julia sendiri masih SMA, tiap hari bertugas membeli sayur di Pasar Glodok, serta memotong ayam dan sayur. Adiknya, Dian, menjadi kasir, padahal waktu itu masih umur 10 tahun. Dian Lie kini adalah Direktur PT GM.

Bakmi jualan mereka tak punya nama, tapi laris manis. Dari 5 meja, bertambah jadi 11 meja dalam waktu 2 tahun. Tempat usaha mereka sempat kena gusur karena proyek pelebaran jalan. Karena lahannya makin sempit, mereka menabung untuk membuatnya menjadi 3 lantai. Berkat usaha keras Choi Sui, istri, dan anak-anaknya, restoran mie mereka makin laris dan ramai.

Restoran yang belum bernama itu dikenal oleh pelanggan sebagai Bakmi GM, karena berjualan mie di Jalan Gajah Mada. Sejak itu nama Bakmi GM menjadi merek dagang mereka, dan akhirnya didaftarkan secara resmi. Kalau Anda melintasi Jalan Gajah Mada di Jakarta Pusat, dan melihat ada restoran Bakmi GM, maka itulah tempat usaha mereka yang pertama dulu.

Kini Bakmi GM melayani lebih dari 30.000 pelanggan per hari, baik yang berkunjung maupun pesan antar. Menu yang disajikan bukan lagi sekadar mie ayam, melainkan bervariasi hingga lebih dari 50 menu yang menggunggah selera. Setiap bulan mereka punya program andalan, diskon, serta melayani paket ulang tahun anak-anak.

Didukung lebih dari 1.200 staf yang energik dan gesit, Bakmi GM dikenal dengan kecepatan layanannya. Tak peduli sebanyak apapun pengunjung yang datang, mereka tetap dapat melayani semuanya dengan cepat, tepat, dan tak mengecewakan. Rupanya kerja keras mendiang Choi Sui sejak 50 tahun silam tak sia-sia. Kini anak-anaknya yang meneruskan usaha tersebut, dan merek Bakmi GM kian dikenal dimana-mana. (mer)
Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis  


'Bakmi GM, dari 5 Meja Jadi 23 Cabang Se-Jabodetabek ':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Menjual dengan Menghargai Konsumen Joe Girald dikenal sebagai seorang pemasar yang populer di dunia. Keberhasilannya memasarkan mobil sebanyak 1.425 unit mobil dalam satu tahun menempatkan namanya dalam penghargaan Guiness World of the Record. Dalam bukunya yang berjudul "The Greatest Salesman In The ... Artikel Bisnis

  • Langkah-langkah Menjaga Pelanggan Anda Tidak peduli apa lini bisnis yang Anda jalankan, pelanggan membutuhkan penghargaan Anda atas dukungan mereka dalam menunjang pertumbuhan bisnis Anda. Secara sederhana, ucapan terima kasih adalah cara murah untuk menyatakan hal tersebut. Berterima kasih kepada pelanggan tidak hanya sebelum ... Artikel Bisnis

  • 3 Aspek Kajian dalam Rencana Bisnis Menemukan ide bisnis tanpa mewujudkannya dalam tindakan nyata rasanya sia-sia. Para entrepreneur sukses, seringkali tidak pernah memikirkan tahapan-tahapan dalam merealisasikan ide. Bahkan banyak pula anggapan bahwa kalau mau berbisnis tidak usah membuat rencana macam-macam, nanti malah ... Artikel Bisnis

  • Agar Produk Anda Menembus Pasar Ekspor Meraup pasar ekspor sudah pasti menjadi impian setiap pebisnis. Berbagai cara promosi, mulai dari mengikuti pameran, hingga menitipkan barang kepada handai taulan yang bermukim di luar negeri dilakukan untuk mengeruk pasar internasional. Bagi Anda yang berencana merentangkan sayap ke ... Artikel Bisnis

  • Jangan Remehkan Surat Perjanjian dalam Bisnis Dalam bisnis, memiliki surat penjanjian adalah hal yang sangat penting. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari selembar kertas surat perjanjian. Seperti kita ketahui, bisnis adalah kegiatan yang melibatkan dua atau lebih pihak. Surat perjanjian dibuat untuk mengikat hak dan kewajiban ... Artikel Bisnis



Jual Beli Online