Senin, 24 Juni 2013

Ilman Akbar: Pendiri AnakUI.com, User-Generated Content Site dari UI

Rabu, 19 Desember 2012 - 09:17:29 WIB
artikel-bisnis Ilman Akbar: Pendiri AnakUI.com, User-Generated Content Site dari UI
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 1046 kali

muh_ilman_akbar
Tak banyak mungkin yang melirik peluang bisnis dalam lingkungan kampus. Namun, dalam kampus inilah banyak entrepreneur muda bermunculan. Salah satunya adalah Ilman Akbar. Ilman adalah pendiri sekaligus admin utama di situs anakUI.com.

AnakUI.com adalah sebuah komunitas tak resmi yang ingin mewadahi para mahasiswa Universitas Indonesia, baik itu yang masih aktif dan para alumni yang sudah bekerja. AnakUI.com memberikan berbagai konten yang berkaitan dengan perkembangan terkini UI dan orang-orang di dalamnya. Ini bisa berupa artikel, berita, informasi, publikasi kegiatan mahasiswa, opini tentang UI.

Menurut Ilman, tujuan  yang melandasi pembentukan AnakUI.com ialah keinginan untuk memiliki suatu media informasi berbasis komunitas nomor wahid di lingkungan Universitas Indonesia. Di AnakUI.com, papar Ilman, semua anggota dapat berbagi berita, opini, dan menyebarluaskan kegiatan yang akan berlangsung di lingkungan Universitas Indonesia. AnakUI.com juga turut berbagi informasi di sejumlah situs jejaring sosial  populer, yaitu Facebook dan Twitter. Tukar pendapat, pengalaman bisa dilakukan para anggota dengan berdiskusi dan saling berkomentar mengenai konten yang dipublikasikan oleh masing-masing. Mereka perluas jaringan pula.

Tak hanya sampai di situ, Ilman yang juga sibuk menjadi kontributor di beberapa media lain ini terus berusaha mengembangkan AnakUI.com dengan menambahkan beberapa inovasi ke dalamnya.

Saat ditanya tentang kendala terbesar yang masih dihadapi oleh AnakUI.com, Ilman menjawab, “Kegiatan AnakUI.com sekarang mulai running secara bisnis, tetapi karena (tim)  masih  harus fokus pada skripsi, yang full-time bisa mengerjakan pengembangan AnakUI.com hanya saya.”
Ilman memang baru saja lulus dari UI dua tahun lalu dari jurusan Ilmu Komputer. Finalis Microsoft Bloggership Awards 2010-2011 ini menambahkan, pihaknya baru saja melakukan launching iklan baris murah dengan metode PPC (pay per click) atau PPV (pay per view). Untuk saat ini keduanya masih digratiskan untuk para mahasiswa UI.”

Untuk rencana mendatang, Ilman berkeinginan untuk mengadakan forum sharing rutin yang sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu tetapi sudah tidak diselenggarakan lagi beberapa tahun ini. Ia ingin menampung para mahasiswa dan alumni yang aktif berbagi di AnakUI.com sebagai sebuah ajang ‘kopi darat’ yang lebih berisi dan bermanfaat. “Untuk itu kami merencanakan untuk menggunakan perpustakaan pusat UI yang baru. Di sana terdapat sebuah ruangan lapang untuk menampung mahasiswa yang ingin mengobrol, berdiskusi dengan lebih leluasa dan nyaman.” Bulan November 2011, menurut Ilman, dipilih menjadi waktu penyelenggaraan kopdar ini.

Hingga saat ini anggota tim admin AnakUI.com berjumlah 5 orang. Tugas-tugas yang berbeda didistribusikan ke semua anggota tim. “Ada yang bertanggung jawab terhadap urusan media partner, social media, mengelola komunitas, memperbanyak konten dan sebagainya.” Namun Ilman sendiri mengaku bisa mengerjakan semuanya, tanpa memilih-milih dan tidak terlalu patuh pada job description yang ada. Jumlah anggota tim admin sedikit karena anakUI.com adalah user generated content site sehingga cukup dibutuhkan 5 orang.

Entrepreneurship di lingkungan UI sendiri sudah cukup menggema. Para mahasiswa UI banyak yang membuat usaha mikro yang profitable. Kehadiran AnakUI.com, papar Ilman, bisa digunakan sebagai forum terbuka untuk menampung komunitas entrepreneur yang ada di UI. Banyak yang mulai mempromosikan usaha dengan menggunakan anakUI.com sebagai channel promosi online gratis.

Jenis-jenis usaha mikro yang dirintis oleh mahasiswa UI juga bervariasi, dari usaha kaos, aksesoris, sablon, pin, makanan, website, pembuatan logo, e-commerce dan sebagainya. Sebagian di antaranya bahkan sudah menjadi entrepreneur yang memiliki usaha yang berbadan hukum. “Saya pernah menjumpai seorang mahasiswa tingkat dua UI yang mendirikan dan  memiliki sebuah percetakan di kawasan Margonda, Depok.”

Hingga kini sudah ada 2 program bernuansa entrepreneurship yang digelar di UI. Yang pertama ialah “UI Young and Smart Entrepreneur Program”. Sayangnya, program ini belum ada kelanjutannya karena pendanaannya berasal dari keputusan pemerintah melalui rektorat, dalam hal ini Direktorat Kemitraan dan Inkubator Bisnis. Sementara itu Fakultas Ekonomi mengadakan “UI Studentpreneur” yang sudah berlangsung dua tahun (2009-2010). Pesertanya adalah mahasiswa FE-UI. (*/Akhlis)
 

 

'Ilman Akbar: Pendiri AnakUI.com, User-Generated Content Site dari UI ':

Artikel Bisnis Lainnya
  • VIDEO ENTREPRENEURSHIP: Syahrial Yusuf, Membangun Pendidikan Beralas Idealisme     Menjalani panggilan hidup sebagai seorang entrepreneur, seringkali merupakan bentuk dari tanggung jawab moral seorang pengusaha di tengah-tengah lingkungan masyarakat. Terlebih lagi bagi entrepreneur yang bergerak di bidang pendidikan. Selain ... Artikel Bisnis

  • Budiarsa Sastrawinata: Rahasia Sukses Grup Ciputra Bangun di Mancanegara Grup Ciputra sukses berekspansi hingga ke mancanegara, mulai dari Vietnam, Kamboja, India, hingga ke China. "Pak Ciputra menginginkan perusahaan ini melebarkan sayap ke luar negeri," kata Budiarsa Sastrawinata, Managing Director Grup Ciputra sekaligus suami Rina Ciputra, ... Artikel Bisnis

  • Bangun Super Team, Jangan Superman Ada yang bilang bahwa usaha di bidang properti adalah usaha kemewahan dan hanya dapat dilakukan oleh para jutawan saja. Ada juga yang bilang bahwa bisnis properti adalah bisnisnya orang tua. Namun ini tidak berlaku bagi Aryo Diponegoro, yang lebih akrab dipanggil Aryo Timur. Pengusaha ... Artikel Bisnis

  • Risza Bambang: Ubah Sampah Jadi Berlian Keberhasilan seseorang dalam berbisnis sering kali dianggap sebagai bagian dari peruntungan, bukan hasil kerja keras. Namun, di balik itu semua, sesungguhnya intuisi seseorang mencium potensi bisnis lebih berperan dari segalanya.   Intuisi itulah yang dimiliki ... Artikel Bisnis

  • Singkirkan Aturan Lama Penjualan! Resesi di berbagai belahan dunia kecuali benua Asia memberikan tantangan bagi banyak entrepreneur dan pemilik bisnis entah itu UMKM atau perusahaan besar yang masih berpegang teguh pada prinsip lama yang sudah usang dan kurang relevan lagi. Alih-alih memangkas harga dan mengurangi ... Artikel Bisnis


Jual Beli Online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar